Metode Tilawati PAUD adalah adaptasi dari metode Tilawati yang dirancang khusus untuk anak usia dini (3–6 tahun). Pendekatan ini menyesuaikan dengan karakteristik anak-anak PAUD yang suka bermain, belajar lewat pengulangan, serta belajar secara visual dan kinestetik.
A. Tujuan Tilawati PAUD
1. Mengenalkan huruf hijaiyah dengan cara yang menyenangkan.
2. Mengembangkan kemampuan fonetik (bunyi huruf) dan mengenal makhraj.
3. Menanamkan adab Qur'ani dan cinta Al-Qur’an sejak usia dini.
4. Membentuk dasar kesiapan membaca Al-Qur'an secara tartil.
B. Ciri Khas Tilawati PAUD
1. Fun Learning: Kegiatan belajar berbasis bermain (learning by playing).
2. Metode Musyafahah: Guru mencontohkan bacaan, anak menirukan.
3. Irama Ros Anak: Irama tilawah sederhana yang cocok untuk anak-anak.
4. Multisensori: Menggunakan alat bantu visual, audio, dan aktivitas motorik.
C. Struktur Materi Tilawati PAUD. Dibagi menjadi 2 level
a. Level 1 (Pra Membaca Hijaiyah). Mengenal huruf hijaiyah dengan lagu/nyanyian
b. Level 2 (Latihan Bacaan)
1. Mengenal harakat (fathah, kasrah, dhammah)
2. Membaca suku kata sederhana
3. Mengenal tanwin dan sukun
4. Latihan mendengarkan dan menirukan bacaan
D. Media Pembelajaran
1. Buku Tilawati PAUD
2. Flashcard huruf hijaiyah
3. Kalender Tilawati
4. Media pembelajaran resmi dari Tim Tilawati Surabaya.
E. Durasi Belajar
1–2 tahun bergantung usia dan intensitas belajar. Belajar dilaksanakan 4 kali dalam seminggu. Setiap pertemuan sesi 45 menit.
“Tilawati: Alhamdulillah, Mudah, Menyenangkan”