Logo SMPIT AL MADINAH
Login

PROGRAM KELAS TAHFIDZ

Diterbitkan pada 2025-03-07 - Oleh ADMIN WEBSITE


PROGRAM KELAS TAHFIDZ

PROGRAM KELAS TAHFIDZ

A.    Latar belakang

       Membaca Al–Quran merupakan hal yang harus dilakukan bagi semua umat Muslim tanpa terkecuali. Bukan hanya membaca, namun kita sebagai umat Muslim harus mengamalkan apa yang ada pada isi Al–Quran tersebut. Memang, di bacaan Al–Quran adalah berbahasa Arab, untuk itulah kita harus juga mempelajari artinya dan juga memahami apa maksud dari ayat-ayatnya. Namun, kita juga harus mengerti bagaimana cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.

           Di SMP IT Al – Madinah lingkungan sekolah sangat kondusif untuk membantu meningkatkan hafalan Al–Quran. Dengan adanya kelas tahfidz dapat menjadikan sebagai wadah untuk para siswa penghafal Al–Quran. Hal ini akan sangat membantu perkembangan hafalan siswa karena lingkungannya dikelilingi oleh siswa penghafal Al–Quran sehingga menambah semangat dalam menghafal Al–Quran. Selain itu, kelas tahfidz ini juga didampingi oleh guru tahfidz yang ahli dalam bidangnya.  

         Kelas tahfidz merupakan salah satu program SMP IT Al – Madinah dalam menciptakan generasi penghafal Al–Quran. Siswa yang mengikuti kelas tahfidz ini memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam hafalan Al–Quran, tingkat konsentrasi yang tinggi dan memiliki ingatan yang kuat. Dalam memperlancar hafalan Al–Quran kondisi lingkungan sekolah sangat akan sangat berpengaruh terhadap capaian hafalan siswa. Siswa harus ditempatkan pada lingkungan yang kondusif dan nyaman untuk membuat hafalan semakin lancar. Kelas tahfidz Ini merupakan program unggulan dari pihak sekolah demi para muridnya bisa membaca dan memahami isi Al-Quran dengan baik dan juga benar.

           Kelas Tahfidz merupakan program pendidikan yang menggunakan metode menghafal dan memahami Al-Quran yang mana hafalan Al-Quran masuk dalam kurikulum kegiatan belajar mengajar para siswa khususnya kelas tahfidz. Dalam program ini siswa diajarkan pembiasaan untuk menghafal dan memahami Al–Quran untuk memperlancar dan mempermudah siswa dalam proses pembelajaran tahfidz, didukung dengan beberapa metode dalam menghafal Al–Quran dan guru pembimbing yang hafidz dan hafidzoh yang pada akhirnya dapat menjadikan siswa-siswi penghafal Al quran.


B.     Visi dan Misi

1.      Visi

“Terwujudnya Generasi Cerdas, Berdikari yang Islami dan Qurani”


2.      Misi

a.  Membuat kurikulum tahfidz sebagai acuan dan pengembangan hafalan siswa.

b.  Mengadakan kegiatan yang dapat menunjang hafalan Al – Quran siswa.

c   Mengoptimalkan Kompetensi siswa melalui hafalan Al – Quran

d.  Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tahfdiz

e.  Menciptakan siswa yang mampu bersaing dalam kegiatan Musabaqoh Hifdzil Quran.


C.  Tujuan Program Kelas Tahfidz

            Adapun tujuan dibentuknya program kelas tahfidz adalah

1.  Menghasilkan siswa penghafal Al – Quran yang berkarakter dan menguasai ilmu pengetahuan.

2.  Memfasilitasi siswa dalam belajar ilmu pengetahuan umum dan berkolaborasi dengan kegiatan menghafal Al-Quran.

3.  Membekali siswa dibidang akademik sekaligus tahfidz Al – Quran sebagai modal untuk melanjutkan sekolah kE jenjang yang lebih tinggi.

4.  Menumbuhkan kesadaran siswa agar membiasakan membaca dan menghafal Al-Quran.

5.  Menanamkan kepada siswa untuk berakhlakul Qurani.

6.  Meningkatkan mutu pendidikan di SMP IT Al Madinah pada bidang IMTAQ.  


D.    PROSES PEMBELAJARAN

            Proses pembelajaran di Kelas tahfidz antara lain :

1.      KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)

a.      Pembelajaran berkelompok, 1 kelompok 6 - 8 anak.

b.      Dalam satu kelompok 1 guru pembimbing tahfidz

c.      Hafalan dipantau melalui kartu kontrol siswa yang dipegang oleh masing-masing siswa.

d.      Dalam satu kali pertemuan, pembelajaran tahfidz ini dilaksanakan dua jam pembelajaran.

e.      Target minimal satu bulan satu surat yang dihafal oleh siswa.

f.       Tasmi’ internal dilaksanakan setiap tiga bulan sekali

g.      Tasmi’ eksternal dilaksanakan setiap enam bulan sekali.

h.      Laporan perkembangan pertiga bulan kepada orang tua.


2.      Metode Pembelajaran

Dalam mengajar menghafal al Qur an tidaklah sama dan semudah mengajar pelajaran yang lain. Oleh karena itu digunakanlah berbagai metode di dalam belajar dan mengajar menghafal al Qur an yang antara lain:

a.   Muraja’ah, yaitu mengulang bacaan atau hafalan  ayat Al Quran.  Melalui dua cara yaitu:

1.   Muraja’ah dengan melihat mushaf (bin nazhar), dilakukan dengan cara membaca ayat baru secara berulang-ulang. Agar dapat diperoleh hafalan baru yang berkualitas dan tentunya tahan lama. Dan

2.  Muraja’ah dengan tanpa melihat mushaf (bil ghaib), dilakukan dengan cara mengulang dari ayat sebelumnya, melakukan sambung ayat dan hafalan dalam hati.

b.  Metode Resitasi Guru memberi tugas kepada santri untuk menghafal beberapa ayat atau halaman sampai hafal betul, kemudian murid membaca halamannya di muka guru.

c.   Metode Takrir Murid mengulang-ulang hafalan yang diperoleh, kemudian hafalannya dimuka guru.

d. Metode Mudarrosah Semua murid menghafal secara bergantian dan berurutan secara bergantian dan yang lain mendengarkan/menyimak.

Dalam prateknya mudarrosah ini ada tiga cara :

1.      Mudarrosah ayatan Yaitu seorang murid membaca satu ayat kemudian diteruskan murid lain.

2.      Mudarrosah perhalaman (pojokan) Yaitu seorang murid membaca satu halaman kemudian dilanjutkan murid yang lain.

3.   Mudarrosah perempatan (seperempat juz) Yaitu setiap murid membaca seperempat juz atau 5 halaman, kemudian diteruskan oleh murid yang lainnya.Dan apabila telah lancar betul dapat dilanjutkan mudarrosah setengah juz/dan seterusnya.

e.    Metode Tes Tazmi, Metode ini digunakan untuk mengetahui ketepatan dan kelancaran hafalan murid dengan setor hafalan kepada penguji.

E.     Pendukung Kelas Tahfidz

Program kelas tahfidz ini akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rancana berkat dukungan dan kerjasama berbagai elemen yaitu:


1.      Yayasan

a.  Mendukung kebijakan unit dalam program kelas tahfidz.

b.  Mendukung penambahan guru tahfidz.

c.  Pemberian izin terkait penggunaan fasilitas tempat untuk kelas tahfidz.

d.  Pengalokasian anggaran untuk kegiatan luar sekolah seperti studi banding.

e.  Mendukung kebijakan untuk tidak memecah siswa dari kelas 7 sampai kelas 9 khususnya kelas tahfidz. Karena dari kelas 7 sampai kelas 9 akan berkesinambungan.


2.      Sekolah SMP IT Al - Madinah

a.      Memfasilitasi wali kelas yang memiliki keahlian dalam bidang tahfidz.

b.      Menyedikan waktu, fasilitas dan anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan seluruh kegiatan kelas tahfidz.

c.      Mengalokasikan waktu untuk Tasmi’ baik internal ataupun eksternal.

d.      Menyediakan kartu kontrol hafalan siswa.

e.      Membuat surat kesediaan orang tua dan siswa untuk mendukung segala kebijakan program kelas tahfidz.

f.       Membuat kelas yang bernuansa kelas Tahfidz.


3.      Orang tua Siswa

a.    Memberikan izin kepada putra/putrinya untuk mengikuti seleksi kelas tahfidz.

b.   Memberikan  izin kepada putra/putrinya untuk mengikuti seluruh program dan kegiatan kelas tahfidz beserta konsekuensi bagi yang mengikutinya.

c.     Mengisi surat kesedian dari sekolah sebagai bentuk komitmen mengikuti program kelas tahfidz.


F.     Program

1.     Kegiatan Harian :

a.    Penyambutan siswa oleh guru ketika datang di sekolah

b.    Sholat Dhuha

c.    Dzikir pagi Al - Matsurat

d.    Tadarrus (membaca surat surat pilihan yang menjadi target hafalan siswa)

e.   Muraja’ah dengan melihat mushaf (bin nazhar), dilakukan dengan cara membaca ayat baru secara berulang-ulang. Tartilul Quran pada jam pelajaran

f.    Tahfidz Juz 29


2.  Kegiatan Mingguan :

a.  Kegiatan tahfidz dilaksanakan 4 jam dalam satu minggu yang dibagi menjadi 2x pertemuan.

b. Muraja’ah dengan tanpa melihat mushaf (bil ghaib), dilakukan dengan cara mengulang dari ayat sebelumnya, melakukan sambung ayat.

c.  Mudarrosah ayatan Yaitu seorang murid membaca satu ayat kemudian diteruskan murid lain.


3.   Kegiatan Bulanan

a.  Tazmi’ internal setiap 3 bulan sekali

b.   Dalam 3 bulan harus mencapai 3 surat (Al - Mulk, Al - Qolam, Al - Haaqqoh)

c.   Laporan perkembangan siswa per 3 bulan sekali kepada orang tua siswa.

d.   Tazmi’ eksternal setiap 6 bulan sekali.


4.Tahunan

a.  Wisata religi mengikuti program hafiz quran untuk menambah motivasi hafalan siswa.

b.  Melaksanakan studi banding ke sekolah sasaran yang sesama berbasis islam terpadu.

c.  Siswa kelas tahfidz menjadi pemimpin dalam kegiatan MUSA (Muraja’ah Bersama) seluruh siswa.

d.  Mengadakan Tazmi’ Akbar seluruh siswa.


G. Target Lulusan

Dengan program yang dilaksanakan, diharapkan selama 3 tahun belajar di SMP IT Al - Madinah siswa - siswi memiliki kemampuan sebagai berikut:

1.  Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Alla SWT.

2. Menghasilkan siswa – siswi yang memiliki kemampuan daya saing tinggi, berkarakter, berprestasi, dan memilikI pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai bangsanya.

3.  Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dalam kehidupan nyata.

4.  Menghasilkan penghafal Al – Quran yang baik serta mampu menerapkan nilai – nilai yang terkandung  di dalamnya.

5.  Siswa dapat menghafal Al – Quran sebanyak 3 Juz yaitu Juz 29, 28, dan Juz 1

Brosur
Banner