Diterbitkan pada 2025-03-07 - Oleh ADMIN WEBSITE
KELAS BAHASA INGGRIS SMPIT AL-MADINAH
Selamat
datang di era, di mana kemampuan berbahasa Inggris akan memberikan nilai tambah
pada kepribadian seseorang. Dan Selamat datang di SMPIT AL-Madinah, sekolah
yang membuka pogram Kelas Bahasa Inggris untuk mewadahi para peserta didik yang
memiliki kemampuan dan minat untuk terus mengembangkan potensinya tersebut. Dan
SMPIT AL-Madinah memiliki tanggung jawab moral untuk menyediakan mereka program
dan kegiatan yang akan semakin melejitkannya.
A.
LATAR BELAKANG
Dalam Kurikulum Merdeka, SIT Al Madinah terus berbenah yang tujuan akhirnya adalah untuk
memberikan pelayanan prima terhadap seluruh stakeholder
pendidikan, khususnya orang tua dan peserta didik. Untuk itu, Change Management menjadi sebuah
keharusan. SIT Al-Madinah harus berubah. Perubahan menuju perbaikan dalam
berbagai aspeknya. Dan salah satu aspek yang terus dibenahi adalah Progam
Penguatan dan Pengembangan Bahasa, khususnya bahasa Inggris.
Progam yang telah diluncurkan sejak lama ini,
merupakan salah satu sasaran pembenahan. Jika sebelumnya, program ini menyasar
seluruh siswa, maka pada saat ini diubah dengan membuka kelas Bahasa Inggris.
Pembukaan kelas Bahasa Inggris dilaksanakan di SMP dan SMA IT Al-Madinah.
Tujuannya adalah untuk mewadahi dan semakin mengasah potensi siswa yang sudah
memiliki kemampuan bahasa Inggris.
Selain itu, dalam Kurikulum Merdeka, pembelajaran
Bahasa Inggris dimulai dari Fase A yang merupakan kelas 1 SD. Dijelaskan oleh
Nadiem Makarim yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia, hal itu dimaksudkan agar para peserta didik lebih cepat
menguasai bahasa Inggris yang perannya semakin penting dalam percaturan global.
Selain itu, salah satu profil Pelajar Pancasila berbunyi Kebhinekaan Global.
Ini diartikan bahwa setiap pelajar harus memiliki sikap positif terhadap
perbedaan yang ada, baik ras, suku, agama maupun bahasa. Dan salah satu contoh
berkebhinekaan global adalah mampu berkomunikasi dengan orang lain yang dalam
konteks ini dalam bidang bahasa Inggris.
Visi SIT Al-Madinah, yaitu mencetak generasi cerdas
yang islami dan qurani. Kata “cerdas” menjadi acuan bahwa para peserta didik
harus memiliki kecerdasan linguistik, utamanya bahasa Inggris. Hal tersebut
berjalin berkelindan dengan visi misi sekolah yang merupakan turunan dari visi
yayasan. Dan diperkuat dengan program Penguatan dan Pengembangan Bahasa yang
bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris para siswa.
Peserta didik yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris sangat banyak jumlahnya. Oleh karena itulah, potensi peserta didik menjadi salah satu latar belakang dirancangnya program Kelas Bahasa Inggris ini. Dengan bergabungnya mereka pada program ini, kemampuan bahasa Inggris mereka akan semakin baik.
B.
Dukungan
Untuk dapat berjalan dengan baik dan meraih tujuan akhirnya, dukungan
diberikan oleh beberapa stakeholder:
a.
YPI Ar-Rohman
Dukungan diberikan dalam bentuk:
1. Pembuatan kebijakan dan aturan
untuk mendukung pelaksanaan program kelas bahasa Inggris
2. Pengalokasikan anggaran untuk
pengadaan instruktur bahasa Inggris
3. Pengalokasian anggaran untuk
segala keperluan para instruktur saat menjalankan tugasnya
4. Pengalokasian anggaran untuk
pelatihan guru non bahasa Inggris
5. Pengalokasian anggaran untuk
kegiatan luar sekolah seperti hunting tourist atau kegiatan school sister
visit.
6. Pemberian izin penggunaan fasilitas seperti untuk kegiatan lomba bahasa Inggris
b.
SMP IT
Al-Madinah
Dukungan yang diberikan adalah sebagai berikut:
1.
Menyediakan guru yang memiliki kompetensi untuk mengajar dalam bahasa
Inggris
2.
Menyediakan wali kelas yang memiliki kualifikasi dalam bahasa Inggris
3. Menyedikan waktu, fasilitas dan anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan seluruh kegiatan kelas Bahasa Inggris
c.
Orang Tua Murid
Dukungan yang
diberikan adalah sebagai berikut:
1.
Memberikan izin kepada putra/putrinya untuk mengikuti seleksi kelas
Bahasa Inggris
2. Memberikan izin kepada
putra/putrinya untuk mengikuti seluruh program dan kegiatan kelas Bahasa
Inggris beserta konsekuensi yang mengikutinya
C. VISI, MISI, STRATEGI dan INDIKATOR KETERCAPAIAN
I.
Visi
Mewujudkan peserta didik dan pendidik yang islami
dan qurani dengan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang baik.
II.
Misi
1.
Membuat
kurikulum bahasa Inggris sebagai pedoman penguatan dan pengembangan bahasa
Inggris
2.
Mengadakan
kegiatan-kegiatan yang dapat memacu peserta didik dan pendidik untuk
meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
3.
Mengadakan
kerjasama dengan lembaga Bahasa Inggris terkemuka
III.
Strategi
1. Membuka
kelas Bahasa Inggris melalui seleksi ketat.
2. Merekrut
dan menyeleksi instruktur bahasa Inggris untuk mengampu Conversation Class
3. Menyusun
buku panduan percakapan untuk kelas Bahasa Inggris
4. Membuat
jadwal pembelajaran Conversation 2X seminggu @2 jam pelajaran
5. Mengadakan
lomba dan mengikuti lomba
6. Mengadakan
Ujian
7. Mengadakan
TOEFL Preparation dan TOEFL Test
8. Memberikan
reward kepada peserta didik kelas Bahasa Inggris
9. Membuka
dan mengadakan program sister school
IV.
Indikator
Ketercapaian Program
1. Seluruh
stakeholder memberikan dukungan sesuai dengan tupoksinya
2. Seluruh
kerjasama terjalin dengan baik untuk mendukung ketercapaian program
3. Program
Conversation Class berjalan sesuai dengan jadwalnya
4. Para
peserta didik kelas Bahasa Inggris mengikuti seluruh program yang telah
dipersiapkan
5. Peserta
didik kelas Bahasa Inggris aktif berkomunikasi dalam bahasa Inggris di dalam
maupun di luar proses pembelajaran
6. Pendidik
mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan seluruh warga sekolah
7. Pendidik aktif dalam pelatihan dan kegiatan lainnya
D. PROGRAM
Program kelas bahasa Inggris ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu program
inti
dan program pendukung, baik untuk kelas 7, 8 dan 9. Program ini dirancang
sesuai dengan spesfikasi setiap level, derajat kepentingan dan kesesuaiannya
dengan kebutuhan per kelas.
Program
Inti:
a.
Harian
Conversation Class:
1.
Kelas 7 =
Bersama Instruktur 4 jam tatap muka bersama instruktur lokal
2.
Kelas 8 =
Bersama instruktur 4 jam tatap muka bersama instruktur lokal dan Native speaker
(1x/bulan)
b.
Mingguan
1.
Kelas 7 = Weekly
Expression sebanyak 5 ungkapan
2.
Kelas 8 = Weekly
Expression sebanyak 5 ungkaan
3.
Kelas 9 =
Conversation Class with Native Speaker
c.
Bulanan
1.
Kelas 7 =
English Conversation With Native Speaker
2.
Kelas 8 =
English Conversation With Native Speaker
d.
Semesteran
1.
Kelas 7 =
English Contest (Story Telling dan Speech Contest), Oral Proficiency Test With
Instructors, Report Card
2.
Kelas 8 =
Hunting Tourist (Akhir semester 1 dan 2), English Contest (Story Telling dan
Speech Contest), Oral Profieciency Test With Instructor, Report Card
3.
Kelas 9 = Oral
Proficiency Test dengan Native Speaker, Report Card, Certificate
e.
Tahunan
1.
Kelas 7 =
TOEFL TEST for TEENS
2.
Kelas 8 =
TOEFL TEST for TEENS
3.
Kelas 9 =
TOEFL TEST for TEENS, School Sister Visit
Program Tambahan
Selain program utama di atas, para siswa di kelas
bahasa Inggris diberikan program tambahan untuk semakin mematangkan mental dan
kemampuan mereka lewat program berikut ini:
A. Giving
Announcement (Kelas 7)
B. Welcoming
Guests (Kelas 7)
C. Video
Talent (Kelas 8)
D. Event
Talent (Kelas 8)
E. MC
(Kelas 9)
F.
Guide (Kelas 9)
Kutipan:
“All
speaking is public speaking, whether it’s to one person or a thousand.”
Roger
Love
Semua
kegiatan berbicara berarti berbicara di depan umum, apakah itu untuk satu orang
atau bahkan seribu orang sekalipun.