Logo SMPIT AL MADINAH
Login

Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur'an di SMPIT Al-Madinah

Diterbitkan pada 2025-06-04 - Oleh PIDP, Muhammad Wildan Arrosyid S.H.I, dan Admin Website


Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur'an di SMPIT Al-Madinah

Pendidikan Al-Qur'an merupakan bagian integral dalam pembentukan karakter Sekolah Islami peserta didik, khususnya di sekolah berbasis Islam terpadu seperti Sekolah Al-Madinah khususnya di unit SMPIT Al-Madinah. Dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan tartil dan sesuai kaidah tajwid, sekolah ini menerapkan metode Tilawati, sebuah metode pembelajaran Al-Qur'an yang sistematis, interaktif, dan telah terbukti efektif di berbagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia.

Metode Tilawati adalah metode pembelajaran Al-Qur'an yang dikembangkan oleh Ustadz H. Umar Jaeni dari Pesantren Nurul Falah, Surabaya. Ciri khas metode ini terletak pada pendekatan klasikal baca simak (talaqqi) yang dikombinasikan dengan irama tartil (nagham) yang lembut dan menyenangkan. Tilawati berorientasi pada pembentukan kemampuan membaca Al-Qur'an yang fasih, tartil, dan sesuai tajwid, mulai dari pengenalan huruf hijaiyah, harakat, hingga ayat-ayat Al-Qur'an secara lengkap.

Penerapan Metode Tilawati di SMPIT Al-Madinah yang merupakan Sekolah Ramah Anak dan Sekolah Swasta Unggulan, diterapkan secara terstruktur melalui program Tahfidz dan Tilawah yang menjadi bagian dari kurikulum sekolah. Berikut adalah beberapa strategi penerapan metode Tilawati di lingkungan sekolah.


Kelas Reguler Tilawati dilakukan setiap pagi sebelum pelajaran umum dimulai, siswa mengikuti halaqah Tilawati yang dipandu oleh guru yang telah tersertifikasi metode Tilawati. Kelas dilakukan dalam kelompok kecil agar interaksi guru dan siswa lebih intensif. Guru Al-Qur'an di SMPIT Al-Madinah diwajibkan mengikuti pelatihan dan sertifikasi metode Tilawati dari Lembaga Tilawati Pusat. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas pengajaran dan memastikan metode diajarkan dengan benar. Untuk pemantauan perkembangan siswa dan evaluasi kemampuan membaca siswa dilakukan secara berkala. Setiap siswa memiliki buku catatan perkembangan (mutaba’ah) yang mencatat tingkat kemajuan dalam penguasaan materi Tilawati, mulai dari jilid 1 hingga Al-Qur'an.

Dalam penerapannya, ada 2 metode yang digunakan yaitu Pendekatan Audio-Visual dan Irama Tartil, kedua metode ini menggunakan irama tertentu yang membuat siswa lebih mudah mengingat dan melafalkan bacaan. Siswa juga dilatih untuk membaca dengan tartil dan memperhatikan makharijul huruf.

Untuk meningkatkan minat dan kecintaan terhadap Al-Qur’an, sekolah mengadakan kegiatan seperti One Day One Ayat, lomba tilawah, serta halaqah tahfidz yang menjadi bagian dari rutinitas pekanan siswa. Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan Ekstrakurikuler pendukung di Sekolah Islami ini. Selain itu Penerapan metode Tilawati di SMPIT Al Madinah memberikan berbagai dampak positif, antara lain meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Qur'an sejak dini, meningkatkan kedisiplinan dan semangat belajar siswa, dan membentuk karakter islami melalui pembiasaan interaksi dengan Al-Qur'an.

Metode Tilawati merupakan pilihan tepat dalam membangun budaya baca Al-Qur'an yang berkualitas di kalangan pelajar. Di SMPIT Al-Madinah, metode ini tidak hanya menjadi sarana pembelajaran, tetapi juga bagian dari pembentukan karakter dan kepribadian siswa. Dengan penerapan yang konsisten dan dukungan dari guru serta lingkungan sekolah, diharapkan setiap siswa mampu menjadi generasi Qur'ani yang cerdas dan berakhlak mulia.

" Almadinah.....bergerak, juara !

Almadinah....bergerak, juara !

Almadinah.....bermanfaat, bermartabat !"

Lihat selengkapnya di instagram kami klik: 

instagram: @smpitalmadinah

youtube : @almadinahtv

Link Pendaftaran : PPDB AL-MADINAH

Brosur
Banner