Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Madinah berdiri pada tahun 2004 untuk tingkat SMP dan SMA, sedangkan untuk tingkat TK dan SD berdiri tahun 2005. SIT Al-Madinah bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Ar-Rohman yang dipimpin oleh Bapak Dr. H. R. Agus Sriyanta, M.Pd. Berdirinya SIT Al-Madinah dilatarbelakangi oleh tingginya minat masyarakat menyekolahkan putra-putrinya ke sekolah yang berbasis keislaman. SIT Al-Madinah berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu sekolah kebanggaan masyarakat Kabupaten Bogor.
SIT Al Madinah merupakan sekolah yang mengembangkan potensi diri peserta didik melalui proses pembelajaran, baik dari aspek sikap, pengetahuan maupun keterampilan dengan sistem pendidikan terpadu yaitu :
Memadukan pengajaran Ilmu Pengetahuan Umum-Teknologi (IPTEK) dan pengetahuan Agama-Iman dan Takwa (IMTAK).
Memadukan Pendidikan Umum dengan orientasi pendidikan Qur’ani yang berkarakter Islami.
Memadukan pola pendidikan keluarga, pesantren dan sekolah.
SIT Al-Madinah terletak di pusat pemerintahan Kabupaten Bogor tepatnya di Jl. Sukahati No.36 Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Kondisi sosial masyarakat di sekitar sekolah sangat heterogen, mereka terbangun atas komunitas PNS, BUMN, dan Karyawan Swasta.
Kepemimpinan (Kepala Sekolah) SMA Islam Terpadu Al-Madinah, yaitu :
Ibu Mekar Laksmi, S.Pd. (2004 – 2006)
Bapak Drs. Waris Hadi (2006 – 2008)
Bapak Rochmat Wahyudi, S.Pd.I (2008 – 2010)
Bapak Ade Rosyid Salim, S.Pd. (2010 – 2011)
Bapak Subanu, S.Pd. (2011 – 2019)
Ibu Hani Rohani, S.Si. (2019 – 2024)
Ibu Eka Wulandari, S.Pd. (2024 – Sekarang )
Akreditasi A berdasarkan Nomor 1347/BAN-SM/SK/2021
Visi
Terwujud Generasi Islami yang Unggul, Mandiri dan Berwawasan Global
Misi
Menumbuhkan penghayatan peserta didik terhadap ajaran Islam, sehingga menjadi sumber kearifan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.
Menumbuhkembangkan kebiasaan membaca, menghafal dan menghayati Al-Quran, serta menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup
Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, sehat, kekeluargaan, dan penuh tanggung jawab
Melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, menarik, menantang, memotivasi dan menginspirasi bagi semua peserta didik sesuai dengan karakteristiknya
Mengenali, menggali, dan mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki peserta didik secara optimal
Membangun kesadaran diri akan situasi yang dihadapi sehingga tercipta tanggung jawab dan potensi diri yang terintegrasi
Menumbuhkan jiwa kemandirian dan kewisausahaan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler
Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis keunggulan lokal yang mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
Memfasilitasi peserta didik guna mengembangkan kemampuan, bakat dan minatnya secara optimal sehingga memiliki daya saing tinggi
Tujuan
Terselenggaranya program keagamaan mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan.
Terbangunnya minimal 80% budaya sekolah yang islami melalui berbagai kegiatan keagamaan
Mengembangnya minimal 75% perilaku islami melalui berbagai kegiatan keagamaan.
Tumbuhnya kebiasaan membaca dan menghafal Al-Quran secara rutin
Berkembangnya kegiatan mengkaji dan menghayati Al Quran secara terjadwal
Terwujudnya kebiasaan menjadikan Al-Quran sebagai landasan berpikir dan bertindak
Terwujudnya warga sekolah yang saling menghargai, saling membantu, akrab dan penuh kekeluargaan
Terciptanya sekolah yang kondusif, asri, indah, bersih, sehat, ramah anak, dan penuh tanggun jawab
Terlaksananya pembelajaran yang berpihak pada peserta didik
Terselenggaranya 70% pembelajaran dan penilaian HOTS, STEAM dan penggunaan multimedia
Tercapainya 60% lulusan SMA IT Al Madinah diterima di Perguruan Tinggi Favorit
Menjadi 10 besar kompetisi yang diadakan tingkat kabupaten sampai tingkat nasional
Terbentuknya jiwa kepemimpinan yang tercermin dalam meningkatnya kualitas dan keunggulan peserta didik
Menyiapkan peserta didik menjadi sumber daya yang inovatif, kreatif dan produktif yang mampu mengembangkan, menyebarluaskan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya guna meningkatkan taraf kehidupan masyarakat
Terjalinnya kerjasama dengan lembaga lain dalam merealisasikan program sekolah
Memiliki sikap kemandirian dan jiwa entrepreneur yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri
Meningkatnya pembelajaran berbasis Teknologi Informasi
Menguasai teknologi digital untuk menghadapi revolusi industri 4.0
Melaksanakan pembelajaran menggunakan bahasa internasional (Arab dan Inggris)
Terwujudnya website sekolah yang aktif dan sering diakses oleh 75% warganet
Tersedianya program ekstrakurikuler baik kuantitas maupun kualitas minimal 80% sesuai dengan bakat dan minat peserta
Meningkatnya potensi dan bakat peserta didik melalui program konseling yang berkesinambungan