Logo SDIT AL MADINAH
Login

Pelaksanaan Pembagian Rapor STS Ganjil Di SDIT AL-Madinah Cibinong Bogor

Diterbitkan pada 2025-10-27 - Oleh PIDP, Aditya Hari Saputra.A.Md, Admin Web


Pelaksanaan Pembagian Rapor STS Ganjil Di SDIT AL-Madinah Cibinong Bogor

Pembagian Rapor Sumatif Tengah Semester (STS) Ganjil di SDIT AL-MADINAH Cibinong Bogor merupakan kegiatan evaluasi tengah semester yang bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi dan perkembangan belajar siswa selama paruh pertama semester ganjil.

Meskipun informasi spesifik mengenai tanggal dan detail teknis pelaksanaan pembagian rapor STS Ganjil di SDIT Al-Madinah tidak selalu tersedia secara online untuk setiap tahun ajaran, umumnya kegiatan ini mengikuti pola berikut di SIT Al-Madinah:


Tujuan dan Makna Rapor STS Ganjil

Rapor STS Ganjil (dahulu dikenal sebagai Penilaian Tengah Semester/PTS) di SDIT Al-Madinah memiliki beberapa fungsi utama:

  1. Evaluasi Tengah Semester: Mengukur sejauh mana pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan di setengah semester.

  2. Refleksi Pembelajaran: Menjadi bahan refleksi bagi guru untuk mengetahui efektivitas metode pengajaran dan merencanakan perbaikan pembelajaran ke depannya.

  3. Umpan Balik kepada Orang Tua: Memberikan informasi objektif kepada orang tua mengenai kemajuan anak, termasuk aspek pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotorik).

  4. Motivasi Siswa: Memicu semangat belajar siswa untuk paruh kedua semester ganjil.


Proses Umum Pelaksanaan

Proses pembagian rapor STS Ganjil biasanya melibatkan tahapan berikut:

  1. Pelaksanaan Ujian/Sumatif: Siswa mengikuti serangkaian ujian atau kegiatan sumatif untuk mengukur pemahaman mereka.

  2. Penilaian dan Pengolahan Nilai: Guru menilai hasil ujian dan tugas, kemudian mengolahnya menjadi nilai rapor sementara.

  3. Penyerahan Rapor: Rapor STS Ganjil diserahkan kepada orang tua/wali. Dalam banyak kasus, momen penyerahan rapor dimanfaatkan sebagai ajang dialog antara wali kelas dan orang tua untuk membahas perkembangan belajar, karakter, dan mencari solusi bersama untuk tantangan yang dihadapi siswa.

  4. Fokus Karakter Islami: Sesuai dengan statusnya sebagai Sekolah Islam Terpadu (SIT), evaluasi nilai seringkali tidak hanya fokus pada angka akademik, tetapi juga penekanan pada nilai-nilai karakter Islami seperti kejujuran (amanah), kedisiplinan, dan tanggung jawab.


Keterlibatan Orang Tua

Peran orang tua sangat ditekankan di SIT Al-Madinah. Orang tua diharapkan:

  • Menerima Hasil dengan Bijak: Tidak hanya terpaku pada angka, tetapi juga fokus pada perkembangan sikap dan karakter anak.

  • Kerja Sama: Menjalin komunikasi yang erat dengan sekolah dan wali kelas untuk mendukung proses belajar dan pembentukan karakter anak di rumah.


    “ Almadinah…Bergerak Juara!

    Almadinah...Bergerak juara!

    Almadinah...Bermanfaat! Bermartabat! “

    Follow instagram kami di @sdit_al_madinah_bogor

    Youtube : @almadinahTv


    For more info :

    📞 0251-8655-777 / 0822-9928-3288

    🔗 https://pmbsit.almadinahbogor.sch.id

    Website : almadinahbogor.sch.id


    #sitalmadinahcibinong

    #sekolahislamfavorit

    #sekolahislamterbaik

    #almadinahberkarakter

    #sekolahramahanak

    #bergerakjuara

Brosur
Banner