Logo SDIT AL MADINAH
Login

Menjaga Mood Anak-Anak Ketika Belajar di SDIT Al-Madinah

Diterbitkan pada 2025-06-11 - Oleh PIDP, Rihlah Mawaddah, S.Pd, Admin Web


Menjaga Mood Anak-Anak Ketika Belajar di SDIT Al-Madinah

Suasana hati atau mood anak-anak memainkan peran penting dalam proses belajar mereka. Anak yang datang ke sekolah dengan perasaan senang, nyaman, dan termotivasi akan lebih mudah memahami pelajaran dan aktif berpartisipasi. Sebaliknya, mood yang buruk bisa membuat anak kehilangan semangat, sulit fokus, atau bahkan menarik diri dari aktivitas belajar. Oleh karena itu, menjaga mood anak menjadi perhatian utama di SDIT Al-Madinah.

1.      Lingkungan Belajar yang Menyenangkan

Di SDIT Al-Madinah, suasana kelas didesain agar ramah dan menarik bagi anak-anak. Hiasan visual, jadwal yang teratur, serta karya-karya siswa yang dipajang memberikan rasa bangga dan nyaman. Guru pun menciptakan atmosfer yang hangat dan tidak menekan, sehingga anak merasa aman untuk bertanya dan berpendapat.

2.      Guru Sebagai penyemangat

Peran guru sangat besar dalam membentuk mood positif siswa. Guru-guru di SDIT Al Madinah dibekali pendekatan yang sabar penuh kasih, dan mengedepankan komunikasi yang baik titik ucapan seperti “Masya Allah, bagus sekali” atau “Terima kasih sudah berusaha hari ini” menjadi energi positif yang meningkatkan kepercayaan diri anak.

 

3.      Selipan kegiatan spiritual dan bermakna

Salah satu kekuatan Sekolah Islam Terpadu adalah keseimbangan antara akademik dan spiritual titik di SDIT Al Madinah, anak-anak memulai diri dengan doa dan dzikir, melaksanakan salat Dhuha serta membaca Alquran secara rutin. Aktivitas ini memberikan ketenangan hati dan membentuk kebiasaan positif, yang berdampak langsung kepada kestabilan emosi dan mereka.

 

4.      Belajar sambil bermain

Anak usia SD membutuhkan variasi dalam metode belajar. Oleh karena itu, guru menghadirkan permainan edukatif, diskusi kelompok, hingga praktik langsung dalam pembelajaran. Cara ini tidak hanya membuat pelajaran terasa ringan tapi juga membangkitkan semangat belajar anak.

 

5.      Kolaborasi dengan orangtua

Mood anak di sekolah juga dipengaruhi oleh kondisi di rumah. SDIT Al Madinah menjalin komunikasi erat dengan orang tua untuk saling memberi masukan. Bila anak tampak Murung atau kehilangan minat guru dan orang tua akan bekerja sama mencari penyebab dan solusinya.

 

Kesimpulan

Mood anak yang terjaga akan membentuk suasana belajar yang menyenangkan dan produktif. Melalui pendekatan yang lembut, spiritual, dan kreatif, SDIT Al-Madinah berkomitmen menciptakan pengalaman belajar yang tidak hanya mendidik secara intelektual, tetapi juga membahagiakan secara emosional. Karena anak yang belajar dengan hati gembira, akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan berakhlak mulia.


 Al Madinah… Bergerak, Juara!!

Al Madinah… Bergerak, Juara!!

Al Madinah… Bermanfaat, bermartabat!!

Follow instagram kami di @sdit_al_madinah_bogor 

Youtube : @almadinahTv 

Brosur
Banner