Diterbitkan pada 2025-09-19 - Oleh PIDP, Muhamad Sofian, M.Pd.Gr , Admin Web
Keseimbangan
kognitif, psikomotorik, dan afektif murid adalah konsep penting dalam
pendidikan yang menekankan perkembangan murid secara menyeluruh, bukan hanya
pada aspek intelektual saja. Tiga ranah ini saling melengkapi dan berkontribusi
terhadap pembentukan karakter, kompetensi, dan kesiapan murid dalam menghadapi
kehidupan nyata.
Pertama, ranah kognitif (pengetahuan/berpikir) berhubungan dengan
kemampuan berpikir, memahami, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
Beberapa contoh yang berkaitan dengan ranah ini seperti memahami konsep
matematika atau sains, menganalisis cerita dalam pelajaran Bahasa, dan menyusun
argumen logis. Kedua, ranah psikomotorik (keterampilan/fisik) berhubungan
dengan keterampilan fisik, motorik halus/kasar, dan koordinasi gerak. Beberapa
hal yang termasuk aspek ini seperti menulis tangan dengan rapi, bermain alat
musik atau olahraga, melakukan eksperimen laboratorium, dan lain sebagainya. Ketiga,
ranah afektif (sikap/emosi/ nilai) berhubungan dengan sikap, nilai, perasaan,
dan empati. Hal ini biasanya meliputi menunjukkan rasa hormat kepada guru dan
teman, memiliki rasa tanggung jawab, bekerja sama dalam kelompok dengan sikap
positif, dan lain sebagainya.
Sekolah wajib
menghadirkan tiga aspek ini untuk mewujudkan keseimbangan diri murid. Jika
pendidikan hanya menekankan kognitif (misalnya hanya nilai akademik), murid
bisa menjadi cerdas secara intelektual tetapi kurang memiliki empati atau
keterampilan hidup. Sebaliknya, keseimbangan akan membentuk murid yang cerdas
secara intelektual (kognitif), terampil dalam praktik nyata (psikomotorik), dan
bermoral serta berkarakter baik (afektif). Murid akan berkembang secara optimal
secara terintegrasi dan proporsional. Guru dan sekolah berperan besar dalam
merancang kegiatan pembelajaran yang menyeimbangkan ketiganya.
Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah sebagai salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Bogor akan tetap menjaga prinsip-prinsip di atas agar tujuan pendidikan nasional dapat terwujud. Hal yang principal di atas terlihat dari visi Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah yaitu Mencetak Generasi Cerdas yang Islami dan Qur’ani. Al-Madinah merupakan sekolah islami yang mengintegrasikan pengajaran ilmu pengetahuan umum teknologi (IPTEK) dan pengetahuan agama iman dan taqwa (IMTAQ). Di mana beban mata pelajaran umum di desain seimbang dengan mata pelajaran agama.
“ Almadinah…Bergerak Juara!
Almadinah...Bergerak juara!
Almadinah...Bermanfaat! Bermartabat! “
Follow instagram kami di @sdit_al_madinah_bogor
Youtube : @almadinahTv