Diterbitkan pada 2025-09-03 - Oleh PIDP, Hadi Purwanto, S,Pd.I , Admin Web
Abstrak
Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia menuntut perubahan
kurikulum yang menuju pada kurikulum adaptif serta inovasi metode pembelajaran
yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan kompetensi global.
Pemerintah saat ini mendorong penerapan deep learning sebagai pendekatan
pembelajaran yang mendalam, sementara Essential Learning Program (ELP)
memberikan kerangka kompetensi inti yang harus dimiliki siswa. Di sisi lain,
penguasaan Bahasa Inggris berstandar internasional menjadi kunci untuk membuka
akses pengetahuan global. Artikel ini membahas penerapan Kurikulim Adaptif yang
dimulai pada Tahun Pembelajaran 2025-2026 di Sekolah Islam Terpadu Al Madinah,
mengintegrasikan Deep Learning, ELP, dan menguatkan peran Bahasa Inggris
berstandar internasional tanpa mengabaikan nilai-nilai Islami. Kajian ini
menggunakan metode studi literatur dan analisis konseptual untuk merumuskan
strategi implementasi yang efektif.
Kata kunci: deep learning, essential learning program, bahasa
Inggris internasional, sekolah Islam terpadu Al Madinah.
1. Pendahuluan
Pendidikan abad ke-21 menuntut siswa memiliki keterampilan berpikir
kritis, kreativitas, literasi digital, dan kemampuan berkomunikasi lintas
budaya (Trilling & Fadel, 2009). Sekolah Islam Terbaik di Bogor, Sekolah
Islam Terpadu Al Madinah sebagai sekolah Islam unggulan yang ramah anak
memiliki keunikan tersendiri dalam memadukan kurikulum nasional, pendidikan
karakter Islami, dan standar kompetensi global. Program pemerintah terkait
pembelajaran mendalam (deep learning) menekankan pemahaman konsep, analisis
yang mendalam, dan penerapan ilmu dalam konteks nyata dalam kehidupan
sehari-hari berdasar pada 3 pilar deep learning yaitu meaningful, mindful dan
joyful. Sementara itu, Essential
Learning Program (ELP) menegaskan pentingnya kompetensi inti yang harus
dikuasai siswa untuk siap berperan menghadapi tantangan zaman serta
perubahannya. Dan Bahasa Inggris berstandar internasional menjadi bahasa
penghubung siswa Sekolah Islam Terpadu Al Madinah dengan berbagai literatur
ilmiah dan komunikasi global, sekaligus menjadi media dakwah di tingkat
internasional.
2. Metode Penelitian
Artikel ini menggunakan pendekatan studi literatur (library
research) dan analisis konseptual. Sumber data diperoleh dari jurnal ilmiah,
buku pendidikan, pedoman kurikulum nasional, dan panduan standar internasional
bahasa Inggris seperti CEFR, TOEFL Junior, IELTS, PTE Pearson dan Cambridge English
for Schools. Analisis dilakukan dengan mengkaji keterkaitan antara deep
learning, ELP, dan pembelajaran bahasa Inggris dalam konteks Sekolah Islam Terpadu
Al Madinah.
3. Pembahasan
3.1 Penerapan Deep Learning di Sekolah Islam Terpadu Al Madinah.
Deep learning adalah cabang dari machine learning yang menggunakan
jaringan saraf tiruan (artificial neural networks) dengan banyak lapisan (deep)
untuk memproses data dan belajar secara otomatis.
Dalam konteks pendidikan, deep learning memiliki dua makna: (1)
teknologi kecerdasan buatan yang mampu memproses data besar dan kompleks, serta
(2) strategi pembelajaran yang menekankan pemahaman mendalam, pemecahan
masalah, dan keterkaitan antar-konsep (Samaras, 2020).
Penerapan deep learning di Sekolah Islam Terpadu Al Madinah. dapat
meliputi: (1) Project-Based Learning berbasis sains, sosial, dan nilai Islami.
(2) Problem Solving yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. (3) Integrasi
Teknologi seperti simulasi digital atau aplikasi pembelajaran berbasis AI.
3.2 Essential Learning Program dalam Kurikulum Sekolah Islam
Terpadu Al Madinah.
ELP adalah kerangka pembelajaran inti yang menggabungkan kompetensi
akademik, karakter, dan keterampilan abad ke-21. Dalam penerapannya Sekolah
Islam Terpadu Al Madinah, ELP diadaptasi agar selaras dengan visi Sekolah Islam
Terpadu Al Madinah “Mencetak Generasi yang Cerdas, Islami dan Qur’ani”
hal tersebut dapat meliputi aspek: (1) Akademik: literasi, numerasi, sains,
teknologi. (2) Karakter Islami: akhlak, kepemimpinan, kemandirian. (3)
Sosial-Global: kolaborasi, empati, kepedulian lingkungan.
3.3
Bahasa Inggris Standar Internasional
Bahasa Inggris dengan standar internasional seperti CEFR, TOEFL
Junior, IELTS, PTE Pearson dan Cambridge English for Schools merupakan acuan
standar yang diakui secara global untuk mengukur dan menggambarkan kemampuan
berbahasa. Dalam penerapan hal ini Sekolah Islam Terpadu Al Madinah
berkolaborasi dengan Pearson yang diharapkan membantu siswa mengakses
pengetahuan global dan memperluas jangkauan dakwah. Di Sekolah Islam Terpadu Al
Madinah, pembelajaran bahasa Inggris dapat dikaitkan dengan: (1) Membaca
literatur Islami internasional. (2) Mengikuti kompetisi dan pertukaran pelajar.
(3) Menyampaikan presentasi ilmiah bertema Islamic sains dan teknologi di forum
global.
3.4 Model Integrasi
Model Integrasi dari ketiga aspek ini dapat diwujudkan melalui:
1.
Kurikulum Hybrid: menggabungkan ELP, pembelajaran berbasis deep
learning, dan pelatihan bahasa Inggris.
2.
Proyek Riset Global-Islami: siswa melakukan penelitian yang
menggabungkan sains, teknologi, dan perspektif Islam, lalu mempresentasikannya
dalam bahasa Inggris.
3.
Kelas Digital Kolaboratif: menghubungkan siswa Sekolah Islam
Terpadu Al Madinah dengan sekolah Islam di luar negeri melalui platform daring
atau pertukaran pelajar.
Jika disimpulkan dalam bentuk tabel aspek-aspek
tersebut dapat digambarkan sebagai berikut
Tabel.
Integrasi
Deep Learning, ELP, dan Bahasa Inggris di Sekolah Islam Terpadu
Aspek |
Penerapan Deep Learning |
Fokus ELP (Essential Learning Program) |
Integrasi Bahasa Inggris Standar Internasional |
Akademik |
Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning)
untuk memahami konsep sains, teknologi, dan matematika secara mendalam |
Literasi, Numerasi,dan Sains sebagai kompetensi inti |
Menulis laporan riset ilmiah sederhana dalam bahasa inggris
sesuai levelnya (CEFR/TOEFL,Junior,Pearson) |
Karakter Islami |
Diskusi reflektif dan studi kasus Islami yang mengasah kemampuan
berpikir kritis dan etik |
Pembentukan akhlak, kepemimpinan dan kemandirian sesuia ajaran
Islam |
Presentasi nilai-nilai Islam dalam Bahasa Inggris pada forum
sekolah atau kompetisi internasional |
Sosial dan Global |
Kolaborasi lintas kelas dan sekolah melalui flatform daring (online
collaborative learning) |
Kesadaran global, empati, dan kerjasama tim |
Proyek korespondensi atau pertukaran budaya dengan sekolah Islam
di luar negeri dengan Bahasa Inggris |
Teknologi dan Literasi Digital |
Penggunaan AI, simulasi, dan Aplikasi pembelajaran interaktif |
Keterampilan digital sebagai bagian dari kompetensi abad 21 |
Mengakses dan memahami sumber belajar global berbahasa Inggris
termasuk literatur Islami internasional |
4. Kesimpulan
Integrasi Deep learning, Essential Learning Program, dan Bahasa
Inggris berstandar internasional di Sekolah Islam Terpadu Al Madinah mampu
menciptakan pembelajaran yang relevan, kompetitif, dan berlandaskan nilai-nilai
Islami. Strategi ini mempersiapkan siswa menjadi generasi muslim yang cerdas,
berkarakter, dan mampu berperan di kancah global sesuai dengan visi dan misi
Sekolah Islam Terpadu Al Madinah itu sendiri.
Daftar
Pustaka
Samaras,
A. P. (2020). Deep Learning in Education. Springer.
Trilling,
B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times.
Jossey-Bass.
Council
of Europe. (2020). Common European Framework of Reference for Languages
(CEFR). Cambridge University Press.
Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Implementasi
Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.
Al-Madinah … bergerak juara !
Al-Madinah… bermanfaat ! bermartabat !
Follow Instagram kami di @sdit_almadinah_bogor
Youtube : @almadinahtv
Link Pendaftaran PPDB ALMADINAH