Diterbitkan pada 2025-09-20 - Oleh PIDP, Ahmadillah Fikran Mahissa, S.Pd , Admin Web
Konsep hukuman
dan ganjaran dalam pendidikan Islam merupakan aspek penting dalam membentuk
karakter dan akhlak peserta didik. Dalam perspektif Islam, pendidikan tidak hanya
berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga spiritual dan moral. Oleh karena
itu, implementasi hukuman dan ganjaran harus selaras dengan ajaran Islam untuk
mencapai tujuan pendidikan yang holistik. SDIT Al-Madinah sebagai Sekolah
Swasta Unggul di Kabupaten Bogor menghidupkan konsep tersebut, mengingat pentingnya
peran konsep tersebut dalam dunia pendidikan.
·
Reward merupakan penghargaan atau apresiasi yang diberikan kepada
peserta didik atas prestasi atau perilaku baik mereka. Ganjaran bertujuan untuk
memotivasi dan mendorong peserta didik untuk terus berbuat baik. Contoh
ganjaran meliputi pujian, sanjungan, hadiah, dan nasihat positif.
·
Punishment merupakan tindakan yang diberikan kepada peserta didik
ketika mereka melakukan kesalahan atau perilaku yang tidak sesuai dengan norma.
Hukuman bertujuan untuk menyadarkan peserta didik akan kesalahannya dan
mencegah pengulangan perilaku negatif. Hukuman dapat berupa fisik (menulis ayat
Quran) atau non-fisik (teguran, peringatan).
Prinsip Implementasi Ganjaran dan Hukuman
dalam Islam :
1.
Keadilan dan Kasih Sayang, Islam menekankan pentingnya keadilan dan
kasih sayang dalam mendidik. Hukuman harus diberikan dengan bijak dan tidak
berlebihan.
2.
Sesuai dengan Ajaran Al-Qur'an dan Hadis, Implementasi ganjaran dan
hukuman harus merujuk pada ajaran Islam, seperti yang tercantum dalam Al-Qur'an
(QS. Luqman: 8-9) dan hadis Nabi Muhammad SAW.
3.
Membangun Karakter, Tujuan utama adalah membentuk karakter peserta
didik yang berakhlak mulia dan beriman.
Konsep reward
dan punishment dalam pendidikan Islam bukanlah sekadar alat kontrol, melainkan
sarana untuk membentuk individu yang beriman, berakhlak mulia, dan berprestasi.
Implementasinya harus bijak, penuh kasih sayang, dan sesuai dengan
prinsip-prinsip Islam untuk mencapai tujuan pendidikan yang holistik.
Demikianlah SDIT Al-Madinah
membangun lingkungan pendidikan yang sehat dengan memberdayakan guru-guru yang
sadar akan fungsi dan kondisi mereka sebagai pendidik, bukan setengah atau
bahkan tidak sadar --- menilai menjadi guru hanya sebatas menyampaikan
informasi pengetahuan yang dimiliki. Semua bermuara pada tujuan bersama yaitu
untuk menjadi sekolah swasta Islami yang ramah anak dan unggul di hati
masyarakat Kabupaten Bogor.
“ Almadinah…Bergerak Juara!
Almadinah...Bergerak juara!
Almadinah...Bermanfaat! Bermartabat! “
Follow instagram kami di @sdit_al_madinah_bogor
Youtube : @almadinahTv